24 Apr 2020

Mengenal Citra Terbaru Landsat 9






Mengenai Landsat 9 

Landsat 9 merupakan kelanjutan dari Citra Satelit Landsat 8 yang akan diluncurkan pada musim semi tahun 2021 oleh The U.S. Sustainable Land Imaging (SLI) Program.
Pengembangan Landsat 9 yang dapat digunakan di seluruh dunia untuk pengukuran kualitas tinggi, global dan pencitraan lahan dengan data 44 tahun (multi-dekade), Landsat 9 akan membawa dua instrumen sains, keduanya memiliki sensor dengan resolusi 15 m, 30 m dan 100 m tergantung pada pita spektrum.

Operational Land Imager 2 (OLI-2)
Instrumen yang dibawa oleh Landsat 9 adalah OLI-2 yang akan mengukur pada bagian visible, infrared dekat, dan gelombang dekat infrared dengan resolusi spasial 15 m untuk panchrometic band dan 30 m untuk multispektral band.

Thermal Infrared Sensor 2 (TIRS-2)
Landsat 9 TIRS-2 akan mengukur kondisi suhu permukaan darat pada dua thermal infrared band menggunakan teknologi yang sama, digunakan pada Landsat 8 TIRS.  

Spektral Band
Selama empat dekade sejak Landsat 1 diluncurkan, spektral band pada Satelit Landsat selalu berkembang. Landsat 9, seperti halnya Landsat 8, yang memiliki spektral band paling berkembang. Pada tahun 1972, Landsat 1 mengudara dengan 3 band Return Beam Vidicon dan Sistem Multispektral Scaner (MSS) dengan 4 band digital. Kemudian pada Landsat 4 dan 5 dikembangkan adanya Thematic Mapper (TM) sensor dengan tujuh band.

Sekarang ini, Landsat 8 dan Landsat 9 memiliki sebelas spektral band dari OLI/TIRS dan OLI-2/TIRS-2.




Direncanakan Untuk Melihat Lebih Banyak: Dua Pita Baru, dan Pita Termal Terpisah
Landsat 9 seperti Landsat 8 didisain untuk mencitrakan empat pita spektrum yang terlihat, satu pita spektrum inframerah-dekat, tiga pita spektrum gelombang pendek-infrared pada resolusi spasial 30 m ditambah satu pita pankromatik 15 m, dan dua band termal dengan 100 m.
Landsat 8 dan 9 direncanakan untuk melihat dua bagian tambahan spektrum. Pita baru ini membantu para ilmuwan mengukur awan, ketinggian dan kualitas air.

Referensi penulisan:
https://landsat.gsfc.nasa.gov/landsat-9/









Tidak ada komentar:

Posting Komentar