8 Mei 2020

Penjelasan mengenai WebGIS, WebMap dan Peta Interaktif

Contoh WebGIS.

Mengenal WebGIS 
Apa sih itu WebGIS? Secara umum WebGIS merupakan penggabungan dari kata Web (Website) dan GIS (Geographic Information System), jadi bisa kita simpulkan bahwa WebGIS adalah sistem informasi geografis yang ditampilkan, diolah dan dianalisa pada sistem Website.
Ada beberapa istilah lain yang biasanya digunakan dalam penamaan WebGIS diantaranya adalah Peta Interaktif dan WebMap.
Beberapa contoh WebGIS yang sering kita lihat adalah Google Map, Peta sebaran Corona, Peta sebaran Awan.


Contoh WebGIS.

Nah, setelah kita memiliki gambaran mengenai apa itu WebGIS kita juga bisa belajar untuk membuat WebGIS kita sendiri. Ada beberapa software yang menyediakan tools untuk menampilkan WebGIS tanpa menggunakan bahasa pemrograman, caranya adalah dengan menggunakan software GIS, software GIS menyediakan beberapa template kemudian kita hanya upload data dan mengatur tampilan, software GIS yang menyediakan template diantaranya adalah software QGIS dan ArcGIS Online.

QGIS dan ArcGIS Online.


Untuk pengembangan WebGIS kamu bisa belajar lebih lanjut dengan bahasa pemrograman, adapun yang bisa digunakan adalah bahasa pemrograman JS, OpenStreetMap, Leaflet, CSS, HTML. (Baca juga bagaimana membuat WebGIS menggunakan Leaflet, klik)

Untuk informasi lebih lanjut mengenai OpenstreetMap (OSM) dan Leflet, informasi dapat diakses melalui website resmi OSM (https://www.openstreetmap.org/about) dan Leaflet (https://leafletjs.com/)


OpenStreetMap.



Leaflet










Tidak ada komentar:

Posting Komentar