13 Mar 2020

Tampilan Peta Interaktif Sebaran Virus Corona Diberbagai Negara

Peta Interaktif Penyebaran Virus Covid-19, data tanggal 13/03/2020

Kasus baru dari kemunculan Novel Coronavirus (COVID-19) atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan Virus Korona/Corona telah dilaporkan beberapa media.
Pengembang pemetaan juga telah menampilkan data sebaran virus menggunakan Peta Interaktif atau WebGIS, dimana peta sebaran virus dapat dilihat oleh semua masyarakat, salah satu pengembang peta interaktif adalah Johns Hopkins University, dibangun menggunakan dukungan ESRI Living Atlas team dengan nama Coronavirus COVID-19 Global Cases yang dipublis pertama kali pada 22 Januari 2020.

Darimana data didapatkan? 

Pada sumber data yang ditampilkan pada peta terdapat beberapa sumber data diataranya WHO, CDC, ECDC, NHC and DXY dan media lokal.

Bagaimana tampilan peta interaktif? 

Tampilan peta ditampilkan dengan sembilan layar, pada tampilan layar utama yang ditampilkan adalah peta dengan titik lokasi virus berada, beberapa bagian lain menampilkan jumlah terkonfirmasi, negara–negara dalam kasus korona, tanggal data, sumber data, total kematian, total sembuh penyakit, grafik perbandingan kasus pada setiap negara. Pada tampilan layar utama peta interaktif dapat diklik sehingga menampilkan data tambahan berupa lokasi, konfirmasi jumlah kasus, jumlah meninggal, jumlah sembuh dan aktif.

Berikut alamat website peta interaktif yang dapat diakses

Map of Novel Coronavirus (COVID-19) Global Cases

Jika anda menggunakan telpone mobile

Mobile Map of Novel Coronavirus (COVID-19) Global Cases

Sampai dengan berita ini ditulis (13/03/2020) jumlah kasus terkonfirmasi sejumlah 137.445 dengan total kematian 5.088 dan total sembuh 69.779


Sumber berita:
https://www.gislounge.com/this-map-is-tracking-the-wuhan-coronavirus-in-near-realtime/
https://systems.jhu.edu/research/public-health/ncov/







Tidak ada komentar:

Posting Komentar