16 Mar 2020

Pengenalan QGIS dan Cara Instal QGIS


Tool bar.


Pengenalan QGIS
Apa itu QGIS? QGIS merupakan software pemetaan opensource atau software yang dapat digunakan secara terbuka (gratis), software ini dapat digunakan untuk membuat, mengedit, memvisualisasi, menganalisis dan mempublikasikan informasi geografi. QGIS dapat dijalankan pada sistem Windows, Mac, Linux dan BSD.
QGIS juga membangun komunitas untuk pengembangan software, plugin serta diskusi, untuk mengunduh software QGIS dapat melalui website QGIS (klik).

Sejarah QGIS
Mulanya QGIS dikenal sebagai dengan Quantum GIS merupakan software opensource yang dikembangkan oleh Gery Sheman (2002) sebagai software rintisan yang kemudian menjadi projek inkubasi dari The Open Source Geospatial Foundation di tahun 2004, versi pertama diluncurkan pada Januari 2009.

Kamampuan QGIS
QGIS memiliki banyak fiture dan tools untuk melakukan proses pengengerjaan peta, QGIS juga didukung dengan plugin yang dapat dibangun oleh siapa saja, kemampuan membuat titik lokasi, garis dan area polygon dapat dilakukan menggunakan QGIS, selain itu dapat digunakan untuk proses layout peta bahkan dengan berkembangnya plugin yang ada, QGIS mampu dijadikan sebagai alat untuk membuat WebGIS tanpa menuliskan bahasa pemrograman.

Pengenalan Tools

Tool bar.


Gambar Tool bar di atas menunjukkan beberapa alat yang dapat digunakan, pada lingkaran warna merah untuk membuat projek baru, warna hitam untuk membuka data vector dan raster, sedangkan pada lingkaran warna orange untuk tools zoom (perbesaran). 


Browser dan Layers.


Browser dan Layers, browser pada layar diatas berfungsi untuk memanggil basemap dan layers sebagai penempatan data yang teleh dipanggil.

Video Tutorial
Berikut video tutorial instal dan pengenalan tools QGIS yang telah tim bagusGis susun:









Tidak ada komentar:

Posting Komentar