17 Des 2020

Pengenalan Google Earth Engine


Google Earth Engine merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk mengolah data citra satelit, perbedaan dengan perangkat lain atau software pengolahan data citra satelit yang sudah ada adalah Google Earth Engine dapat digunakan secara gratis, hanya cukup dengan memiliki account Gmail kita bisa menggunakan Geeogle Earth Engine, adapun perbedaan yang lainnya adalah Google Earth Engine menggunakan bahasa program untuk proses pemanggilan, visualisasi dan pengolahan data. 

Bahasa program yang digunakan adalah bahasa Javascript dan Python, sedangkan data yang dapat digunakan pada perangkat Google Earth Engine sangatlah banyak, dari data satelit Landsat, Sentinel, SRTM dan lainnya (dapat dilihat pada katalog) 


Oh iya Google Earth Engine hanya dapat dijalankan jika terkoneksi internet atau dalam bahasa lain adalah sistem cloud computing, Google Earth Engine dapat dijalankan pada laman website https://code.earthengine.google.com/ baik menggunakan laptop, komputer desktop atau bahkan smartphone, untuk data citra satelit tidak perlu didownload dan disimpan pada memori internal komputer kita, sistem Google Earth Engine menyediakan data pada katalog server google serta proses pengolahan data citra satelit dijalankan menggunakan server dari google juga, jadi yang terpenting adalah koneksi internet. 

Mengenai bahasa program? Pada awal belajar saya juga kuatir karena tidak memiliki kemampuan yang lebih tentang bahasa program, namun setelah beberapa kali mencoba langsung dengan website yang telah disediakan ternyata tidak begitu rumit. 

Tentang bahasa pemrograman

Jika kita merasa bingung dengan bahasa program untuk proses pengolahan data citra satelit atau proses remote sensing, jangan terlalu kuatir karena sudah banyak orang yang menuliskan bahasa program dan dibagikan pada beberapa forum online misalnya di Github, jadi kita tinggal sesuaikan saja dengan yang kita butuhkan (copy paste modifikasi saja). 

Pada dasarnya bahasa program adalah bahasa yang digunakan untuk memerintahkan proses apa yang harus dijalankan oleh sebuah perangkat, jadi yang terpenting tahu alur perintahnya, cara mengkomunikasikan dengan perangkat. Kamu bisa copy paste sedikit modifikasi yang sudah ada, jangan kuatir Google Earth Engine juga menyediakan contoh bahasa yang dapat digunakan untuk pengolahan data citra satelit. 

Pengenalan awal tools 

sumber gambar: https://earthengine.google.com/static/images/annotated_playground.png 

Terdapat empat kotak menu utama dan satu kotak pencarian pada bagian atas yang berfungsi untuk pencarian lokasi daerah dan katalog data citra. 

Penjelasan kotak menu utama:

1. Kotak pertama pada bagian kiri atas merupakan menu yang biasanya digunakan untuk menyimpan bahasa dan contoh bahasa yang sudah ada. 

2. Kotak kedua pada bagian atas tengah adalah tempat menuliskan perintah bahasa program Javascript, atau perintah untuk pekerjaan 

3. Kotak atas bagian kanan digunakan untuk melihat proses dan hasil, 

4. Kotak bawah digunakan untuk melihat hasil visualisasi data pada peta.

Video pengenalan Google Earth Engine, terdapat juga playlist pembuatan peta dasar, WebGIS dan lainnya:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar