18 Des 2020

Bagaimana Terbentuknya Gelombang Laut dan Tsunami ? 5 Gelombang Tsunami Terbesar Dalam Sejarah.

Image by Stefan Keller from Pixabay 

Pastilah kita sering mendengar adanya gelombang tsunami yang sering menjadi bencana bagi umat manusia, kejadian gelombang tsunami yang terakhir kita dengar di Indonesia adalah gelombang tsunami Lampung dan Banten yang dikabarkan menelan ratusan jiwa korban dan material.

Tak hanya itu, dulu pada tahun 2004 pernah terjadi gelombang tsunami besar di Aceh, dan yang lebih lama lagi di tahun 1883 terjadi juga gelombang tsunami terbesar di Indonesia yang diakibatkan oleh letusan gunung Krakatau. 

Nah kali ini bagusGis akan membahas tentang "Gelombang Tsunami" 

Secara alami, terbentuknya gelombang laut sendiri diakibatkan oleh gesekan dari hembusan angin, angin yang berhembus pada permukaan laut tersebut mentransferkan energi sehingga terbentuknya riak-riak dan akan berubah menjadi gelombang laut. 

Sedangkan gelombang tsunami, merupakan gelombang laut besar yang diakibatkan oleh letusan gunung bawah laut, gempa di kedalaman laut, longsor di dalam laut, patahan lempeng dasar laut bahkan jika ada meteor jatuh di permukaan laut. 

Menurut bahasanya, Tsunami diambil dari bahasa Jepang dari kata Tsu dan Nami, Tsu yang berarti pelabuhan dan nami adalah gelombang, jadi dalam bahasa jepang tsunami adalah gelombang di pelabuhan, yang memang nyatanya gelombang tsunami baru terlihat di daerah pantai atau daerah pelabuhan.

Sedangkan menurut organisasi meteorologi dunia, tsunami memiliki arti sebagai gelombang atau serangkaian gelombang, yang dihasilkan oleh gangguan seperti gempa bumi bawah laut yang menggeser dasar laut, tanah longsor, letusan gunung berapi atau dampak asteroid. 

Menurut catatan sejarah dunia, kita pernah mengalami beberapa gelombang tsunami besar. 

Tahukah kamu lima gelombang tsunami terbesar yang tercatat oleh sejarah, dilansir dari berbagai sumber berita, berikut rangkuman lima gelombang tsunami terbesar yang tercatat dalam sejarah, berdasarkan urutan tahunnya. 

1. Tsunami Kreta pada tahun 365 

Gempa bawah laut yang mengakibatkan tsunami besar ini terjadi pada tanggal 21 Juli 365 Masehi di Mediterania timur, lebih tepatnya di dekat pulau Kreta. Para ahli geologis memperkirakan besar dari gempa tersebut berkekuatan 8 skala Richter. Hampir seluruh kota Kreta hancur dan juga Yunani bagian tengah dan selatan. 

2. Tsunami Genroku pada tahun 1703 

Tepatnya pada tanggal 31 Desember 1730 gempa Gonroku terjadi, tepatnya berada di dekat Edo cikal bakal dari kota Tokyo saat ini, Gonroku sendiri merupakan sebuah era di Jepang yang berlangsung dari tahun 1688 sampai 1704. 

3. Tsunami Lisbon pada pada 1755 

Tsunami Lisbon diawali dengan gempa besar yang terjadi di pagi hari pada tanggal 1 November 1755, para geologis memperkirakan gempa tersebut mencapai 9 skala Richter, diperkirakan jumlah meninggal 60.000 hingga 100.000 orang. 

4. Tsunami Krakatau pada pada tahun 1883 

Erupsi Gunung Krakatau pada 27 Agustus 1883, merupakan penyebab terjadinya tsunami krakatau, menurut para peneliti ledakan krakatau merupakan ledakan terbesar dalam sejarah modern. Tsunami Krakatau sendiri mencapai ketinggian 40 km yang menghancurkan banyak desa-desa di pesisir pantai. 

 5. Tsunami Aceh pada tahun 2004 

Tsunami Aceh terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 akibat guncangan bawah laut yang terletak di lepas pantai barat Sumatera pada kedalaman laut 30 kilometer, guncangan gempa berskala 9,1 skala Richter tersebut menyebabkan ketinggian Gelombang Tsunami setinggi kurang lebih 40 meter. Gelombang Tsunami di Aceh ini termasuk gelombang tsunami terbesar dalam sejarah, yang berdampak hingga 14 negara.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar