31 Des 2020

Pengertian dan Manfaat Sistem Informasi Geografi (SIG)

foto: grindgis.com
foto: grindgis.com

Halo, Sering mendengar SIG atau Sistem Informasi geografi, sebenarnya apa sih itu SIG dan apa manfaatnya SIG? 

SIG atau Sistem informasi geografi adalah inovasi dalam bidang teknologi dan geografi, menurut para ahli salah satunya Aronaff pada tahun 1989, Sistem Informasi geografi adalah informasi yang dilakukan melalui proses komputasi, baik untuk memasukkan, mengelola, menguraikan, maupun memanipulasi data geografis. 

Lalu, apakah manfaat dari SIG ini, sebenarnya di era teknologi ini kita sering menggunakan SIG untuk kegiatan kita sehari-hari misalkan ingin berangkat ke suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi, pastilah kita akan menyalakan Google Map atau Waze, itulah salah satu manfaat SIG, kita bisa mengetahui informasi geografi jarak dan rute untuk menuju lokasi dengan teknologi sekarang ini. 

Manfaat yang lain pastilah banyak sekali, misal ada suatu pengembangan Ibukota baru, nah sebelum pembangunan Ibukota baru kita harus melihat dahulu kondisi wilayahnya, untuk melihat kondisi wilayah kita bisa menggunakan peta topografi, peta kelerengan dan lainnya, itu juga manfaat dari Sistem informasi geografi. Setelah kita mengetahui pengertian SIG dan manfaatnya, salah satunya yaitu membuat peta, sekarang apa saja sih, komponen SIG? Komponen SIG diantaranya adalah perangkat komputer (hardware dan software), data, manusia dan metode. 

Untuk perangkat komputer dibagi menjadi 2 diantaranya hardware dan software, nah untuk hardware sendiri diantaranya PC atau Laptop, Printer, Handphone, GPS dan lainnya. Untuk perangkat software biasa menggunakan QGIS, ArcGIS, Er Mapper, Google Earth Pro dan lainnya. 

Sedangkan komponen data dibagi menjadi dua diantaranya data spasial dan non spasial, pada dasarnya perbedaan data tersebut adalah pada koordinat jika data spasial merupakan data yang memiliki informasi lokasi.  Data non spasial merupakan data-data deskriptif atau angka yang tidak memiliki informasi koordinat lokasi. Kedua jenis data tersebut dapat saling melengkapi untuk menganalisa suatu kenampakan suatu peta. Data spasial bisa berupa data Shapefile (SHP), Citra satelit (foto satelit), Foto udara dan Survei lapangan, sedangkan data non spasial bisa didapatkan dari keterangan survey atau data sekunder dari pihak terkait.

Komponen manusia atau kata lain bisa disebut pengguna berfungsi untuk proses pengolahan data, visualisasi data, penyampaian data, sampai analisa data, atau orang yang menggunakan visualisasi SIG.

Komponen metode dalam SIG banyak sekali jika dijabarkan, pada dasarnya metode merupakan salah satu cara atau langkah-langkah pemrosesan data dengang perangkat komputer yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan hasil visualisasi SIG.

Video terkait penjelasan Sistem Informasi Geografi, semoga bermanfaat :)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar